SpaceX Luncurkan Satelit Jepang JCSAT-14

Space X Rocket

SpaceX Jumat pagi berencana untuk meluncurkan satelit komunikasi Jepang ke orbit GeoStationer, selanjutnya roket tahap pertama dari roket Falcon akan di coba didaratkan pada platform mengambang di Samudra Atlantik.

Lepas landas dijadwalkan pada jam 01:21 waktu setempat (05:21 GMT) dari Cape Caneveral, Florida, Amerika serikat, hal tersebut di katakan oleh pihak SpaceX, perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat.

Satelit JCSAT-14 dimiliki oleh operator satelit Jepang SKY perfect JSAT,  yang memberikan layanan telekomunikasi untuk Asia Pasifik. JCSAT-14, akan menggantikan JCSAT-2A (JCSAT 8) pada 154 ° E dan memperluas kapasitasnya untuk memenuhi permintaan infrastruktur telekomunikasi di kawasan Asia Pasifik.

Satelit, yang menyediakan sekitar 10 kW, memiliki 26 transponder C-band dan 18 transponder Ku-band untuk layanan di Asia, Rusia, Oceania, dan Kepulauan Pasifik

Setelah peluncuran, SpaceX akan mencoba untuk membawa kembali roket tahap pertama Falcon 9 ke kapal drone bernama “Of Course I Still Love You.”

Tetapi SpaceX mengatakan kecepatan tinggi dari rocket membuat kecilnya kemungkinan sukses mendaratkan kembali.

SpaceX berhasil mensetting pada roket tahap pertama Falcon 9, tegak dan utuh di kapal drone, setelah meluncurkan sebuah kapal kargo tak berawak ke Stasiun Antariksa Internasional pada bulan April.

SpaceX ingin menyempurnakan teknik sebagai bagian dari upaya untuk menggunakan kembali bagian roket, bukan seperti peluncuran rocket ruang angkasa saat ini yang membuang peralatan mahal ke laut setelah setiap peluncuran.